instalasi VM-Ware

VM-Ware/ Aplikasi Virtual Mesin Manajer adalah suatu aplikasi interface pengguna desktop untuk menampilkan dan mengelola Sistem Operasi secara virtual. VM-Ware memungkinkan suatu Sistem Operasi berjalan didalam sebuah sistem operasi.
VM-Ware berguna sebagai OS tambahan didalam sistem OS yang sedang berjalan sehingga bisa digunakan untuk menghemat Harware yang ada. VM-Ware menampilkan suatu proses yang sedang berjalan dari suatu OS bisa dimulai dari tahap instalasi OS tersebut dan juga menampilkan secara performance & secara resource utilitinya.
Sebagai suatu aplikasi yang akan bekerja secara simultan dengan OS yang ada, membuat VM-Ware membutuhkan resource besar seperti syarat RAM yang besar (Rekomendasi min 512MB) dan Processor yang cepat (Rekomendasi Core Duo atau setara).
Saya biasa menggunakan dalam tahap penguji cobaan sistem operasi sebelum sistem tersebut saya patenkan untuk perangkat yang akan saya bangun. disini saya hanya menjelaskan konfigurasi Play and Run OS dari VM-Ware dan skenario sistem dari VM-Ware tersebut, dan saya yakin anda pasti mudah memahaminya. untuk instalasi Program VM-Ware tidak akan saya jelaskan karena seperti install program pada umumnya.

Konfigurasi Play and Run :
Download dulu VM-Ware http://www.filehippo.com/download_vmware_player/
Ambil saja VM-Ware terbaru, selanjutnya install program tersebut.
Next –> Buka Aplikasi
  • Ikuti petunjuk, sesuaikan.
vm-ware1.png
  • Masukkan Image OS pada CD atau Image OS pada HDD (OS berupa file denga extensi .iso)
vm-ware2.png
  • Saya mengambil contoh instalasi Win 8
vm-ware3.png
  • Buat User (Password boleh tidak ada), masukkan SN bila ada
vm-ware4.png
  • Buat Nama Image VM-Ware dan tentukan Dir Image file OS berupa file extensi .vmdk
vm-ware5.png
  • Tentukan besar Kapasitas HDD untuk Virtual yang akan kita gunakan
vm-ware6.png
  • Tentukan besar Ram, jenis Processor untuk virtualisasi (dan konfigurasi lain jika dibutuhkan)
vm-ware7.png
vm-ware8.png
  • Sampai disini anda pasti sudah tahu cara install OS Win 8 tsb.
vm-ware9.png
Selesai. . . semoga bermanfaat.


sumber :http://jadiakbar.wordpress.com/

0 comments:

Post a Comment