Kompetisi Selancar Internasional di Pulau Merah Banyuwangi

 
Banyuwangi, news – Tak kurang dari 28 peselancar dari 18 negara dipastikan bakal meramaikan kompetisi selancar (surfing) tingkat internasional, Red Island Banyuwangi International Surfing Competition 2013, pada 24-26 Mei mendatang, di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur.
Para peselancar dunia yang sudah mendaftarkan diri pada kegiatan kerja sama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Blue Fin Surfing Factory itu, masing-masing berasal dari Australia, Amerika, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, dan Jerman. Selain itu juga Italia, Swedia, Brazil, Portugal, Perancis, Austria, Belanda dan Afrika Selatan, Puerto Rico, Spanyol dan Jepang.
Sedangkan peserta dari dalam negari sudah tercatat sebanyak 100 peserta. Ditargetkan, jumlah peserta mencapai 64 orang untuk setiap kategori, sehingga total ada 192 peserta yang ikut dalam kejuaraan surfing berskala internasional ini.
Menurut Ketua Umum Panitia, Suprayogi, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (4/5), di Jakarta, sejauh ini persiapan yang dilakukan telah mencapai 85 persen. “Jumpa pers, akomodasi peserta, dan lokasi perlombaan juga sudah fixed (pasti). Dengan persiapan matang yang kami lakukan, kami optimis kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” ujar Suprayogi, yang menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Pemkab Banyuwangi.
H-7 (pada 17 Mei-red) nanti, peserta juga berkesempatan menjajal ombak Pantai Merah untuk mempelajari medan sebelum berlaga. Suprayogi menjelaskan bahwa tujuan kompetisi selancar ini, selain untuk mempromosikan Pulau Merah sebagai salah satu destinasi wisata andalan Banyuwangi, juga untuk mengenalkan titik surfing yang baru bagi para peselancar. Selain itu, Suprayogi menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa merekatkan tali komunikasi antar-peselancar, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
Kejuaraan selancar berskala internasional tersebut direncanakan akan dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.
Pantai Pulau Merah yang berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi ini dipilih sebagai tempat pelaksanaan lomba, lantaran memiliki pemandangan alam yang bagus. Pantainya yang berhamparkan pasir putih ini, di tengahnya berdiri bukit kecil yang bertanah merah.
Selain itu, yang terpenting, ada tiga spot ombak yang dimiliki Pulau Merah, yang bisa digunakan oleh peselancar pemula, amatir dan profesional, sepanjang tahun.
Angin laut Pulau Merah boleh dibilang cukup kencang, sehingga menyebabkan gelombang lautnya relatif tinggi, bisa mencapai 4 – 5 meter. Tak salah jika banyak orang yang mengatakan bahwa kawasan Pulau Merah menyerupai kawasan Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak di tahun 70-an silam.
Ditambahkan Suprayogi, pada hari malam hari kompetisi nanti, akan disuguhkan konser musik yang dimeriahkan oleh DJ dan tiga grup band. Pada malam hari pertama (26 Mei), Rescue Rockability akan meramaikan kejuaraan ini. Dilanjutkan dengan penampilan Congrad Good Vibration pada malam esoknya. Dan hari terakhir sebagai punutup panitia akan Steven Jam.

0 comments:

Post a Comment